Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Rabu, 19 Agustus 2020

Membibitkan kelapa

 membibitkan kelapaPohon kelapa adalah salah satu jenis pohon yang berumur panjang,yang biasa ditanam di perkampungan/desa,pesisiran pantai.Bagi kita,kehadiran pohon kelapa ini sangat kita butuhkan untuk menopang/memenuhi kebutuhan hidup kita sehari- hari.Karena semua yang dihasilkan dari pohon kelapa ini sangat berguna bagi kita.Sebagai contoh misalnya:kayu/batangnya digunakan untuk bahan bangunan dan mebel.Limbah kayunya untuk kayu bakar.Serbuk bekas gergajiannya bisa untuk media tanam/dijadikan pupuk organik.Dari buahnya: sabutnya untuk bahan keset dan untuk media tanam.Daging buah kelapa yang tua :dijadikan minyak kelapa dan santan.Daging buah kelapa yang muda:bisa untuk menyayur,campuran minuman,misalnya es kelapa muda,es kopyor,es buah,dll.Kelapa yang muda juga bisa untuk bumbu urap dan pelengkap penyajian kue-kue:seperti kue klepon,dll.Batok kelapanya:untuk bahan arang,campuran pengecoran,dan juga untuk kerajinan tangan.Untuk daunnya: dijadikan anyaman untuk tikar,bilik,untuk wadah sesaji,tempat pembawa buah,wadah ayam/kiso,dll.Untuk daun mudanya/janurnya:untuk hiasan hajatan,festival,dan juga untuk pembungkus ketupat,dll.Akarnya:untuk pupuk organik/penyubur tanaman.Dan masih banyak lagi kegunaannya bagi kita.

Jenis-jenis kelapa.

Kelapa mempunyai jenis yang sangat banyak.Baik yang jenis kelapa asli/ lokal maupun kelapa yang  jenis hibrida/hasil pengembangan.Ada juga berbagai jenis besar kecilnya buah,tinggi rendahnya batang,juga jenis lama waktu/umur berbuahnya.Contoh-contoh jenis kelapanya antara lain:kelapa cebol/entog,kelapa dalam,kelapa gading,kelapa wulung,kelapa hijau,kelapa hibrida,dll.Dari keseluruhan pohon kelapa juga bisa menyejukkan lingkungan dan sebagai penyedia oksigen bagi kita,bisa mendatangkan jenis burung -burung yang berhabitat di pohon kelapa tersebut.

Contoh burung yang suka tinggal di pohon kelapa yaitu burung glatik wingko.

Sehingga tanpa kita sadari,kita juga ikut melestarikan alam.

Syarat hidup yang baik untuk pohon kelapa yaitu:

 Tempat terbuka panas ,tanah subur berpasir,cukup air dan angin

Seumpamanya kita mempunyai tempat yang agak luas,maka sebaiknya  kita sempatkan menanam satu atau dua pohon kelapa.Karena dilihat dari segi manfaatnya,mempunyai pohon kelapa tidak akan ada ruginya.Hasilnya bisa kita konsumsi sendiri ataupun dijual.

Cara penanaman kelapa:

Caranya cukup mudah,tinggal kita tanam bibit kelapanya yang sudah berukuran 50 cm,dirawat pengairan dan pemupukannya secara rutin.



Pupuknya:

pupuk kandang,serta pupuk pabrikan yang sesuai (urea,npk,dll).

Kita tinggal mencari acuan/panduan cara merawat pohon kelapa yang baik.

Penanaman  pohon kelapa untuk saat ini, yang justru ngetrend yaitu penanaman kelapa model bonsai.

Kalau untuk pohon kelapa model bonsai,biasanya hanya untuk dinikmati keindahan tampilan pohonnya.Tapi juga ada saja bonsai kelapa sampai berbuah.Dan untuk nilai jual kelapa model bonsai ini,sangat menguntungkan sekali.Bibit kelapa baru bertunas saja harganya kisaran 20-30. ribu.Bonsai kelapa yang sudah jadi,hanganya sudah ratusan ribu.

Sebelum melakukan penanaman kelapa,tentu kita harus membuat bibit kelapanya terlebih dahulu.

Di sini akan saya jelaskan,cara-cara membibitkan kelapa.

-Sebaiknya pakailah kelapa tua yang sabutnya belum dikupas.

Cara mengetes/memilih kelapa cukup gampang:rendam kelapanya di air.Amati kelapanya,kalau kelapanya posisi mengapung artinya kelapa sudah benar-benar tua.

-Kita rendam dulu kelapanya di air.Perhatikan posisi kelapanya.Posisi atas berarti bakal tumbuh tunas,posisi bawah bakal tumbuh akar.Letakkan kelapa posisi sama seperti waktu direndam air.

Posisi kelapa yang benar akan mempercepat penunasan.

-Bagian atas kelapa daerah tangkai,sabutnya kita kupas separuh bagian.Tujuan untuk tempat pengairan.

-Cara peletakkan bibit:

    -Bibit kelapa diletakkan di tempat teduh. 

    -Bibit kelapa diletakkan di ruangan/tempat gelap.

     -Bibit kelapa dibungkus kantong plastik.

      -dll.

-Perawatan bibitnya:

Penyiraman air rutin,kontrol kelapanya jangan sampai kering.


Selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.