Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Rabu, 12 Agustus 2020

Membuat indukan adenium

Bunga adenium biasanya ditanam sebagai pohon atau bunga hias ;karena pohon tersebut memiki banyak keunikan.Keunikan tersebut antara lain:memiliki bunga yang indah,memiliki bonggol besar pada batang bawahnya,serta bisa dijadikan pohon bonsai.

Bunga adenium termasuk dalam keluarga pohon semboja.Bunga tersebut berasal dari Jepang dan Afrika.Adenium yang tumbuh di Jepang merupakan jenis adenium yang kecil.Sedangkan adenium yang  tumbuh di Afrika merupakan jenis adenium yang besar.

Syarat hidup yang baik untuk adenium yaitu tempat yang panas dan tanah yang bertekstur kasar;seperti pasir,bebatuan kecil,tanah kering,dll.Meskipun begitu,adenium juga membutuhkan air untuk pertumbuhannya.

Adenium yang biasa ditanam di Indonesia yaitu adenium jenis yang kecil/yang berasal dari Jepang.Pohon-pohon adenium ini biasanya ditanam di pot.Jenis pohon dan bunganya pun sangat banyak.

Cara membiakkan/memperbanyak adenium yaitu dengan biji,stek batang,cangkok,dll.Untuk memperbanyak jenis bunganya biasanya dilakukan teknik sambung batang.

Nilai jual dari bunga adenium ini sendiri,sampai saat ini masih terbilang lumayan/laku.Dari pohon adenium yang kecil saja masih berharga kisaran 20 ribu.Untuk yang jenis berbatang seribu harganya sekitar 50 ribu ke atas.Belum lagi harga bonsai adenium atau jenis adenium yang langka.Jadi misal kita mau membuka usaha penjualan bunga adenium pun ,masih menguntungkan sekali.

Sesuai dengan salah satu cara pembiakkan bunga adenium

 yaitu dengan bijinya,kali ini kita akan membuat indukan adenium untuk menghasilkan biji bibit adeniumnya.

Tentunya dari pohon induk tersebut kita mengharapkan mendapatkan biji adenium yang banyak dalam waktu yang singkat.


Langkah-langkahnya yaitu:

-  persiapan pohon calon induk.

Persiapkan pohon adenium yang sudah agak besar.Pohonnya menggunakan pohon yang berasal dari stek batang,bukan yang berasal dari biji.Karena pertumbuhan pohon adeniumnya justru akan lebih cepat dibandingkan dengan yang dari biji.

-  persiapan media tanam.

Kita perhatikan dahulu pohon ademiumnya,sudah tumbuh subur atau belum.Misal pohonnya belum subur,sebaiknya media tanamnya kita ganti dengan media tanam berikut:campuran tanah,pasir/pasir malang,kompos/pupuk kandang.

Langkah berikutnya yaitu pohon dirawat dahulu sampai benar-benar tumbuh subur.Untuk memperbanyak cabangnya:potong cabang yang besar-besar secara rutin;tujuannya agar pohon induk nantinya becabang banyak.Untuk mempercepat pertumbuhan:sirami adeniumnya dengan air cucian beras.

Setelah pohon tumbuh subur dan bercabang banyak,pohon adeniumnya kita sambung batangnya dengan jenis adenium lain sebanyak-banyaknya.Sambung batangnya ada dua cara,yaitu sambung batang samping dan sambung batang atas/pucuk.

Cara penyambungan batang adenium:

-  Sambung batang samping.

Batang adenium yang mau disambungkan; bagian pangkalnya diiris melancip/miring.Daunnya dipotong,sisakan sedikit daun saja.Batang induk : di bagian samping batangnya juga diiris sama lebar dengan irisan yang di batang calon sambung.

Kemudian batang disambungkan,diikat kencang.Sungkup/krobong dengan plastik bening batang sambungnya .

-  Sambung pucuk.

Batang sambungnya adalah batang pucuk dari jenis adenium lain yang beda jenisnya dengan adenium induk.Caranya:bagian pangkal batangdi kedua sisinya diiris melancip/ miring.Daunnya disisakan sedikit saja.Batang induk:pilih batang yang sama besarnya dengan batang sambungnya;potong batangnya.Di bekas potongannya diiris membentuk huruf v sama lebar dengan irisan di batang sambungnya.Kemudian sambungkan batangnya,ikat dengan kencang,krobong/sungkup dengan plastik bening  batang sambungnya.

Setelah selesai penyambungan batang,letakkan pohon induknya di tempat terbuka tapi ternaung/teduh.Rawat rutin pohonnya sampai nanti batang sambungnya tumbuh daun-daun baru .Setelah sambungan terlihat sudah tumbuh daunnya agak banyak,buka sungkup plastiknya.

Kemudian pohon induk kita pindah ke tempat panas,dirawat rutin.Kalau pohonnya sudah tumbuh subur,lakukan penjarangan penyiraman air,daunnya dipangkas habis;sisakan daun pucuk saja.Jangan melakukan pemotongan cabang lagi.Beri pupuk kandang/pupuk bunga secara rutin.Tujuannya agar pohon induk cepat berbunga, sehingga cepat menghasilkan biji bibit.

Kelebihan kita membuat indukan pohon adenium dengan cara di atas yaitu:kita akan lebih cepat menghasilkan biji adenium dalam jumlah banyak dan jenis pohon maupun bunga adeniumnya juga banyak macamnya.Bahkan mungkin kita akan mendapatkan varian/jenis baru adenium.


Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.