Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Selasa, 04 Agustus 2020

Menanam bunga aglonema

Sebelum kita menanam pohon/bunga aglonemanya,kita harus mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh yang baik untuk bunga aglonema tersebut.Syarat tumbuhnya yaitu tempat terbuka yang ternaung/teduh dan tanah yang gembur.Gembur artinya tanahnya empuk dan subur.Sifat bunga aglonema yaitu akarnya mudah busuk,daunnya cepat kering dan layu bila terkena panas matahari.
Aglonema butuh angin dan sinar matahari yang cukup.Akan tetapi aglonema tidak kuat panas.Maka aglonema tidak cocok/gampang mati bila kita letakkan di tempat yang terbuka penuh/terkena sengatan sinar matahari langsung.
Cara tanam bunga aglonema :
-  Untuk pohon yang masih kecil.
Caranya:pisahkan anakan aglonema dari pohon induk dengan cara dipotek/diiris sambungan batangnya..Pilih anakan yang sudah berakar banyak.Media tanamnya: campuran tanah,sekam bakar,kompos.Tanam anakan aglonemanya di pot;kedalaman sedang saja.Siram air secukupnya,taruh di tempat yang teduh.Penyiraman air berikutnya: lakukan penyiraman rutin dua hari sekali saja.Untuk mempercepat pertumbuhan pohon: bantu sirami pohon dengan air cucian beras/air kelapa.Diberikan pupuk tumbuh rutin.Pupuk tumbuh bisa dibeli/bikin sendiri.Misal mau bikin sendiri,begini caranya: kumpulkan daun-daun pohon yang jatuh/daun bekas potongan pohon,iris kecil-kecil,masukkan dalam wadah yang bertutup, kemudian direndam air.Rendaman tersebut misal diberi em4/bakteri pengurai,pupuknya akan cepat jadi/sudah bisa untuk memupuk pohon.Ciri-ciri pupuknya sudah jadi yaiti bila air di wadahnya sudah berwarna coklat.
Setelah aglonema yang kita tanam tumbuh daun-daun baru,mulai berikan pupuk kandang secara bertahap;dari sedikit menuju ke banyak;disesuaikan besarnya pohon.Taburkan pupuk kandangnya di bagian pinggir pot saja.

-  Cara menanam aglonema dewasa/besar.
Media tanam:campuran tanah,sekam bakar,kompos,pupuk kandang.Pohon juga harus diletakkan ditempat terbuka yang ternaung/teduh.Penyiraman air dua hari sekali,secukupnya.
Aglonema sampai saat ini boleh dibilang masih berharga/banyak penggemarnya.Buktinya :kita beli aglonema kecil saja; di gerai bunga harganya masih 20an ribu.Untuk yang jenis langka/varian baru,60 ribuan.
Maka misal kita mau membiakkan aglonema ini untuk usaha;masih menguntungkan sekali.
Aglonema ditanam untuk pohon hias karena keindahan daunnya;banyak varian jenis daunnya.Semakin langka daunnya,semakin mahal harganya.
Cara membuah aglonema jenis baru: sambung pucuk,penyerbukan antar bunga.

Semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.