Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Kamis, 20 Agustus 2020

Menempel pohon buah

tempel 

foto:tanaman sendiri


Keterangan gambar:
menempel dua batang pohon dengan cara dikupas kulit batangnya,serta bagian kayu batangnya juga dikupas sedikit.Kemudian pohon disatukan dikupasannya dan diikat kencang dengan tali rapiah.

Tujuan penempelan yaitu:- agar kita mendapatkan pohon berkaki dua atau lebih,- agar kita mendapatkan pohon unggul,- agar kita mendapatkan dua jenis pohon/lebih dalam satu pohon,- agar kita mendapatkan bermacam varian buah sejenis dalam satu pohon.Contoh sederhana:misal pohon mangga madu kita tempel dengan mangga irwin.Nantinya setelah batang menyatu/tempelannya menyatu,tinggal kita potong batang bawahnya satu pohon dan batang yang satunya dihidupkan.Pemotongan batang harus di bawah tempelan dikasih jarak sedikit/jangan terlalu mepet dengan tempelannya.Misal pohonnya dua-duanya kita hidupkan ;akan menjadi pohon unik,yang batang mangga irwin misal berbuah akan muncul varian buah baru;karena gizinya kecampuran dari pohon mangga madunya,atau berlaku sebaliknya.

Penjelasan tujuan penempelan batang.

-Agar pohon kita berkaki dua/lebih.Setelah pohon menyatu kuat,potong batang atas posisi di atas tempelan.Sisakan satu batang tersubur.Kelebihan/keuntungan pohon berkaki dua/lebih: pohon tumbuh subur,cepat besar dan cepat berbuah.

-Untuk mendapatkan pohon unggul:kita tempel pohon kita yang jelek dengan pohon unggul.Contohnya:pohon rambutan yang asem buahnya tinggal kita tempel dengan pohon rambutan unggul.Setelah tempelan jadi/berhasil,pohon yang jelek dipotong di atas tempelan.Jadi hasilnya kita punya pohon unggul berkaki dua/lebih.

-Untuk mendapatkan varian buah sejenis.Contoh:pohon mangga arum manis ditempel batang dengan mangga irwin.Hasilnya:kita akan mempunyai satu pohon mangga dengan dua jenis buah mangga.Caranya:setelah tempelan batang kuat,potong salah satu batang bawahnya di bawah tempelannya.

-Untuk mendapatkan dua jenis pohon dalam satu pohon.Caranya:pohon A dengan pohon B kita tempel batangnya.Setelah pohon menyatu kuat,kita potong salah satu batang bawahnya di bawah tempelan.


Tetnyata dahsyat sekali ya hasilnya;padahal hanya dengan menempel batang saja.


Semoga bermanfaat.

setel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.