Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Minggu, 02 Agustus 2020

Menyambung pohon yang berlainan jenis

sambungPerbaikan sifat pohon bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara.Tujuan dari petbaikan yang dilakukan pun bermacam-macam pula.Semisal:biar pohonnya cepat berbuah,biar batangnya kuat,biar satu pohon bisa berbuah berbagai jenis,dll.

Adapun cara-cara yang dilakukannya pun bermacam- macam tekniknya.Ada yang disambung batangnya,ditempel mata tunas,dikupas kulit batangnya,ditempel batangnya,dililiti kawat,dsb.

Berbicara/membahas mengenai menyambung pohon,pohon hasil sambung yang sering kita jumpai adalah pohon sejenis.Misalnya:pohon mangga disambung dengan pohon mangga,durian dengan durian,dll.

Biar kita tambah ilmu,maka kita akan melakukan sambung pohon tetapi yang berlainan jenis pohonnya.Pohon yang kita pilih yaitu pohon jarak untuk batang bawah,pohon batavia untuk batang atas.Mengapa kita memilih pohon tersebut?Karena pohon tersebut masih mrmiliki kesamaan sifat,yaitu sama-sama jenis pohon bergetah.Adapun yang akan  kita sambungkan adalah batangnya.

Langkah-langkahnya yaitu:

-  Siapkan pohon bawahnya(pohon jaraknya), batangnya dipotong rendah saja sekira 10 cm,iris batang  ujung membentuk huruf v. 

-  Kemudian siapkan batang atasnya(batang batavianya).Batang atas kita pilih yang bercabang banyak saja(yang penting batang pucuk).Potong daunnya sisakan sedikit daun.Bagian pangkal batangnya,di dua sisinya kita iris meruncing ke arah bawah.Bemtuk irisanmya harus sama dengan irisan batang bawah.

-  Tancapkan/sambungkan batas atas ke batang bawah sampai menempel sempurna kedua batangnya,ikat dengan kencang sambungan batangnya dengan tali rapiah kecil/plastik khusus untuk sambung pohon.Krobongi/tutup batang atas dengam plastik bening.Bagian bawah plastik kita ikat rapiah.

-  Taruh pohon di tempat teduh.

-  Langkah terakhir kita tinggal menunggu tunasnya tumbuh dan menyiram tanahnya agar tetap basah.

 Misal tunasnya mulai tumbuh,biarkan daunnya tumbuh sampai memenuhi ruang plastik tutupnya dulu,baru nantinya plastiknya kita buka.

Ternyata gampang ya.Selamat memcoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.