Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Rabu, 05 Agustus 2020

Membuat indukan pohon melinjo untuk bahan cangkok

Salah satu usaha untuk memperbanyak tanaman yaitu dengan cara mencangkok.Begitu pula untuk pohon melinjo;untuk perbanyakkan pohonnya bisa  dilakukan dengan cara dicangkok.
Kegiatan mencangkok pohon,bagi orang awam ;biasanya hanya dilakukan  pada batang pohon yang sudah ada saja.
Setiap pohon yang tumbuh alami,tanpa perlakuan apapun,biasanya hanya akan menghasilkan sedikit saja batang/cabang yang bagus untuk dicangkok.Maka agar kita memperoleh batang bahan cangkok sesuai keinginan kita;pohon yang kita punyai harus diberi perlakuan tertentu.Salah satu perlakuan/ cara untuk memperbanyak cabang pohon yaitu pemangkasan cabang pohon secara rutin.Tentu cara ini harus dibarengi perawatan yang  baik pada pohonnya.
Pada pohon melinjo juga bisa dilakukan teknik pemangkasan cabang ini.Namun pada kenyataannya;cabang hanya bertambah;belum bisa dipastikan cabangnya benar-benar menjadi banyak.Terus kira-kira bagaimana ya;agar pohon melinjo kita bisa berbatang/cabang banyak
dengan pasti.
Nah,agar pasti mendapatkan cabang/ batang yang banyak;maka pohon melinjonya harus kita jadikan indukan untuk bahan cangkok.Caranya cukup mudah,yaitu pohon melinjonya cukup kita rebahkan saja.
Urutan langkahnya sebagai berikut:
-  Pohon melinjo yang akan kita rebahkan, besar batangnya minimal sebetis orang dewasa.
-  Potong cabang melinjonya,sisakan sedikit cabang saja;terpenting pohon masih bisa hidup.
-  Di bagian akar,tanahnya kita gali hati-hati,lihat akarnya,pilih satu atau dua akar yang besar.Akar yang lainnya kita potong.
-  Sebelum merebahkan pohonnya,tanah di sekeliling akar yang kita sisakan digali agak dalam sedikit,supaya akar tidak patah waktu pohon kita rebahkan.
  -  Baru pohon kita rebahkan pelan- pelan sampai ke tanah.
-  Uruk/timbun kembali akarnya.Rawat pohon melinjonya dengan disiram air dan dipupuk kandang secara rutin,agar pohonnya subur.
-  Tunggu beberapa hari,nantinya di sepanjang batang yang kita rebahkan akan tumbuh banyak tunas bakal batang secara vertikal.Untuk mendapatkan pohon yang baik,tunggu batangnya biar sebesar telunjuk orang dewasa dulu,baru kita cangkok.
Misal minat usaha jualan pohon melinjo atau pengen menanam pohon melinjo di lahan yang luas; cara ini bisa kita praktekkan.


Semoga bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.