Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Minggu, 23 Agustus 2020

Membuat Kompos Sendiri

 komposKompos /pupuk kompos yaitu pupuk yang dibuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari jenis tumbuhan.Kegunaan kompos yaitu:untuk menyuburkan tanah sehingga pohon/tanaman yang kita tanam akan tumbuh maksimal/subur.Misal kebutuhan zat tumbuh pohon sudah terpenuhi lewat kompos ini,dengan sendirinya proses pembuahan juga akan terjadi dengan mudah.Jadi,peranan kompos ini sangat-sangat penting untuk penanaman.

Agar kita bisa menyediakan kompos dengan baik untuk tananam kita,ada baiknya juga kita belajar membuat kompos sendiri.Selain bisa menghemat biaya,lingkungan kita juga tetap

lestari.Karena kita hanya menggunakan bahan-bahan alami saja.

Untuk kali ini kita akan membuat kompos berbahan jerami/pohon padi.

Adapun cara-caranya sebagai berikut:

1.Jerami kita bakar sampai tuntas/jadi abu.Baru pupuk bisa kita gunakan.

2.Jerami hanya kita busukkan saja.Caranya cukup direndam air.Biarkan airnya sampai berwarna coklat pekat dulu.Baru pupuk kita gunakan.

3.Jerami kita fermintasi.

Caranya:

Cacah jerami jadi kecil-kecil,kemudian kita rendam air.Catat berapa liter air yanf kita pakai.

Siapkan air gula dan em4.

Dosis air gula dan em4nya sama,yaitu:dua tutup botol akua em4/air gula untuk seliter air.Tinggal kita hitung berapa liter air yang kita pakai.Kemudian masukkan air gula dan em4nya ke wadah jerami tadi,aduk bahan sampai rata,tutup rapat wadahnya.Biarkan berproses selama dua minggu.Setiap hari tutpnya dibuka sebentar.Setelahnya baru kita pupukkan ke pohon.

Selesai deh.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.