Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Kamis, 13 Agustus 2020

Cara mencangkok pohon buah yang baik


 Salah satu cara untuk membiakkan atau memperbanyak pohon buah dengan cepat yaitu dengan cara mencangkok batangnya.Dengan cara mencangkok ini,kita akan mendapatkan pohon buah yang lebih besar/sesuai keinginan kita,cepat berbuah,serta pohonnya mempunyai sifat yang sama dengan sifat pohon induk.Namun tidak semua pohon buah bisa dicangkok.Biasanya hanya pohon buah yang berbatang keras saja yang dicangkok.

Cara mencangkok pohon buah yang biasa dilakukan yaitu : batang yang akan kita cangkok dikupas kulitnya sepanjang 10 cm,kemudian di kupasan tersebut dibalut plastik/sabut kelapa ;dalamnya diisi tanah subur dan plasik/sabutnya diikat diluarnya agar tanah pembalut batangnya tidak jatuh.Posisi batang di tengah-tengah tanahnya.

Meskipun sama-sama melakukan pencangkokkan,namun di sini akan saya jelaskan cara mencangkok yang baik/berkualitas.Artinya:nantinya dari cara mencangkok seperti ini kita akan memperoleh pohon buah yang besar,bagus,dan praktis pengairannya.Kalau pohon/batangnya sudah besar,dengan sendirinya pohon sudah siap berbuah.Tinggal kita merawat pohonnya, dan pemberian pupuk kandang/pupuk bunga secara rutin saja.

Cara-caranya sebagai berikut:

-  Pertama kita siapkan dulu alat dan bahannya.Pembungkus cangkoknya menggunakan gelas/botol plastik bekas saja. Caranya: - untuk gelas plastik:Potong dari atas ke bawah sampai pertengahan bagian bawah gelas.Buat guntingan melingkar membentuk lobang di bagian bawah gelasnya/kita buat lobang di tengah-tengah dasar gelas. Lebar lobangnya disesuaikan dengan besar batang yang mau dicangkok.- Untuk botol: potong dulu botolnya menjadi dua,ambil yang bagian bawah,lalu gunting botolnya sama dengan guntingan di gelas plaatiknya.

- Media tanamnya/tanahnya: campuran tanah,kompos,pupuk kandang,obat akar.

- Pengupasan batangnya.

Pilh batang yang mau dicangkok yang tumbuh vertikal/ menaik,subur,besar batang minimal ukuran setelunjuk orang dewasa.Kupas kulitnya melingkar di batangnya sepanjang 10cm.Setelah kulit terkupas,kayu pohonnya juga kita iris/kupas sedikit.

Setelah semuanya siap,masukkan/pasangkan gelas/botol plastiknya di batangnya.Isi dengan media tanamnya.Pastikan kupasan bagian atas tertutup tanah.Karena nanti yang akan tumbuh akar di kupasan atas tersebut.Tali gelas/botolnya agar menempel di batang cangkok.Sirami air secukupnya.

- Perawawatan cangkokkan:

Sirami air cangkokkannya secara rutin saja.

- Pemotongan cangkokan:

Tunggu akarnya tumbuh banyak dan berwarna kecoklatan dulu,baru kita potong batangnya.

 

Selanjutnya,cangkokan tinggal kita tanam dan kita rawat secara rutin saja.Lakukan pemangkasan cabang yang sudah besar.Misal pohon sudah terlihat subur,jangan melakukan pemangkasan cabang lagi.Berikan pupuk kandang dan obat buah agar pohonnya cepat berbuah.


Selamat mencoba.

cangkok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.