Entri yang Diunggulkan

LINDEN

 Tilia merupakan suatu genus yang terdiri dari kira-kira 30 spesies pohon asli di hampir seluruh wilayah Belahan Utara yang bersuhu sedang. ...

Sabtu, 01 Agustus 2020

Menanam cabai di pot

cara menanam cabeMenanam cabai sebenernya adalah mudah sekali.Tapi untuk membesarkan pohon cabainya atau bahkan sampai membuahkan pohon cabainya,kadang sebagian dari kita menemui kesulitan/gagal.Ada yang pohonnya masih kecil tapi malah mati, pohonnya kecil terus/besarnya lama banget,dll.Itu semua mungkin tenjadi karena ilmu percabaian kita kurang saja.

Nah,untuk mendapatkan pohon cabai yang bisa besar dan berbuah ;sebaiknya kita mulai menanam cabai ; mulai dari semai hingga berbuah, dengan cara yang benar.

Cara yang akan saya sampaikan  kurang lebihnya sebagai berikut:
-  Proses semai cabai.
Caranya: persiapkan dulu media tanamnya.Media tanamnya berupa campuran tanah,sekam bakar,kompos.Campur media sampai rata dan taruh di pot,sisakan sedikit medianya(nantinya untuk menutup biji semainya).Berikutnya pakailah dulu kantong plastik  di tangan kita.Tujuannya agar tangan kita tidak panas/pedas;bila terkena air cabainya.Kemudian biji cabai kita keluarkan dari buah cabainya.Caranya: cabai kita iris memanjang cabainya dengan pisau,bijinya dicungkil pakai pucuk pisaunya,.Ratakan biji-biji tersebut merata di seluruh
 luas tanah yang ada di pot.Tutup tipis bijinya dengan media tanam yang sebelumnya kita sisakan.
Sirami air secukupnya.Sebaiknya penyiraman airnya menggunakan pemyiram air yang berlobang kecil-kecil,agar arus yang mengguyur media pelan(agar posisi biji cabai nggak berubah).Alatnya bikin sendiri juga bisa.Caranya: siapkan botol plastik bekas yang masih ada tutupnya.Bagian atas tutup kita lubangi dengan paku/kawat kecil yang dipanaskan.Setelah proses semai selesai, taruh pot di tempat terbuka dan ternaung/teduh.Tinggal kita tunggu proses tumbuhnya saja.Sirami air medianya pakai penyiram yang berlobang kecil tadi ;misal media terlihat agak kering saja.Misal pohon cabainya mulai tumbuh,rawat dengan penyiraman air secara rutin sampai pohon cabainya tumbuh sekira 10 cm.Baru nantinya kita tanam satu persatu di pot.
-  Pemindahan pohon cabainya.
Untuk bibit cabai yang 10 cm tersebut, media tanamnya: tanah,sekam bakar,kompos,ditambah pupuk kandang.Cara mencabut bibit cabai dari semaiannya yaitu : sebelumnya media kita siram air dulu, cabut bibit cabainya pelan-pelan;dengan cara dipegang pangkal pohonnya.Setelah media siap dan bibit cabainya sudah kita cabut,tanam bibitnya di pot.Kedalaman tanam sedang saja.
Siram air secukupnya.Rawat terus cabainya sampai setinggi 20 cm.
-  Setelah pohon cabainya setinggi 20 cm,batang atas kita potong.Caranya:sisakan beberapa lembar daun bawahya,baru batang di atas daun yang  disisakan kita potong.Tujuan pemotongan batang yaitu agar pohon bercabang banyak.Lakukan cara ini terus di cabang-cabang yang tumbuh ; sampai batang sebesar kelingking orang dewasa.Pemberian pupuk kadang harus terus dilakukan juga.Berikan pupuk  kandangnya dua minggu sekali,secukupnya.
-  Pemberian pupuk bunga.
Untuk pembuahan cabai ada dua caranya; tetap mengandalkan pemberian pupuk kandang, atau diberikan pupuk bunga khusus untuk cabai;semisal gandasil bunga/sejenisnya. Pupuk bunganya disemprotkan ke daunnya saja;supaya lebih cepat berbunga.

Akhirnya,kita tinggal menunggu hasilnya saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah sesuai tema,sopan,tidak spam.